TERIMA KASIH SELAMAT DATANG

Selamat menikmati lembar pengetahuan yang sederhana ini. Semoga bisa memberi manfaat kepada kita semua khususnya buat kami. Silahkan berbagi pengetahuan agar memberi kebaikan baik bagi diri maupun lingkungan sekitar kita.

Rabu, 23 Maret 2011

GAMBARAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA BAYI BERAT LAHIR LEBIH 3900 GRAM DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SITI FATIMAH MAKASSAR

ABSTRAK
SUGIARTI, Gambaran Kadar Glukosa Darah Pada Bayi Berat Lahir Lebih 3900 Gram Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Siti Fatimah Makassar.
Kenaikan berat badan ibu selama kehamilan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terpenting gizi ibu hamil selama berlangsung kehamilan. Berat Badan (BB) sebelum hamil dan perubahan berat badan (BB) selama kehamilan berlangsung merupakan parameter klinik yang penting untuk memprediksi berat badan lahir bayi. Faktor penyebab terjadinya bayi besar diantaranya ibu yang menderita diabetes mellitus. Masalah yang ditemukan pada bayi yang ibunya menderita diabetes dalam kehamilan adalah kelainan bawaan makrosomia (bayi besar), hipoglikemia (kadar gula darah rendah) dan kematian janin.
Umumnya bayi yang besar (makrosomia) lahir dari ibu yang diabetic, gula dalam darah Ibu melewati plasenta sebagai respon terhadap tingginya kadar gula, maka pangkras janin menghasilkan sejumlah besar insulin. Hal ini menyebabkan janin tumbuh sangat besar, semakin jelek pengontrolan terhadap diabetes ibu, semakin besar bayi yang akan dilahirkan.
Jenis penelitian adalah observasi laboratorik yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kadar glukosa darah bayi yang lahir dengan berat badan lebih 3.900 gram dengan teknik pengambilan sampel secara accident sampling. Dari data hasil analisa, tersebut didapatkan bahwa distribusi hasil pemeriksaan GDS pada bayi berat lahir lebih di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar bervariasi dengan persentase GDS Kurang dari normal sebanyak 1%, GDS normal sebanyak 82%, sedangkan GDS yang lebih dari normal sebanyak 30%.

Pustaka : 20 (1998-2010)

Kata Kunci : Glukosa Darah Bayi Baru Lahir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.