TERIMA KASIH SELAMAT DATANG

Selamat menikmati lembar pengetahuan yang sederhana ini. Semoga bisa memberi manfaat kepada kita semua khususnya buat kami. Silahkan berbagi pengetahuan agar memberi kebaikan baik bagi diri maupun lingkungan sekitar kita.

Rabu, 23 Maret 2011

PERBANDINGAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP VARIASI WAKTU HOMOGENISASI SAMPEL DENGAN REAGEN DRABKIN METODE SIANMETHEMOGLOBIN MENGGUNAKAN Hb-14 D PADA PASIEN PUSKESMAS LAPPARIAJA KABUPATEN BONE

ABSTRAK

EDY JUSPAR : Perbandingan hasil pemeriksaan kadar hemoglobin terhadap variasi waktu homogenisasi sampel dengan reagen Drabkin metode sianmethemoglobin menggunakan alat Digital Hemoglobin Meter Model Hb-14 D Sistem Tabung Reaksi pada pasien yang berkunjung ke Puskesmas Lappariaja Kabupaten Bone.
Hemoglobin merupakan molekul protein di dalam darah merah yang mengandung zat besi dalam bentuk Fe+2 yang memberikan warna merah pada darah. Dalam menjalankan fungsinya membawa oksigen ke seluruh tubuh, hemoglobin di dalam eritrosit mengikat oksigen melalui suatu ikatan kimia khusus.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perbandingan hasil pemeriksaan kadar hemoglobin terhadap variasi waktu homogenisasi sampel dengan reagen Drabkin metode sianmethemoglobin menggunakan alat Digital Hemoglobin Meter Model Hb-14 D Sistem Tabung Reaksi.
Penelitian ini bersifat eksperimen laboratorik dengan menggunakan statistik parametrik dengan uji analisis of varian (Anova) berdasarkan sampel yang diambil secara random. Dari data hasil pemeriksaan kadar hemoglobin dengan variasi waktu inkubasi yang berbeda, hasilnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Tingkat signifikansi yang didapat 0.846 dengan menggunakan signifikansi 5% atau 0,05 sehingga signifikansi > 0,05 atau dengan menggunakan F hitung dimana F hitung yang didapat 0,271 sedangkan F tabel (3,28) 2,95 , maka H1 ditolak dan Ho diterima. Jadi diantara keempat perlakuan tersebut yaitu 3 menit, 5 menit, 10 menit dan 15 menit atau kadar hemoglobin dalam darah terhadap variasi waktu inkubasi tidak ada perbedaan yang signifikan.

KATA KUNCI :
Kadar Hemoglobin, Variasi Waktu, Alat Digital Hemoglobin Meter Model Hb-14 D.

Daftar Pustaka : 31 buku Tahun 1984 - 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.